Sabtu, 06 Oktober 2012

Peranan Bahasa Indonesia Dalam Kehidupan Kita



Peranan Bahasa Dalam Kehidupan Kita


Bahasa adalah alat untuk saling memahami satu sama lain dalam sebuah komunikasi yang memiliki tujaun untuk saling memberikan informasi yang kemudian dapat saling dipahami, peranan bahasa sangatlah penting karena bahasa adalah sarat utama bagi setiap individu untuk melakuakn interaksi, bahasa bisa mengacu kepada kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, atau kepada sebuah instansi spesifik dari sebuah sistem komunikasi yang kompleks.




Ribuan bahkan ratusan ribu bahasa yang digunakan oleh manusia diseluruh dunia sebagai alat untuk menjalin komunikasi yang baik satu dengan lainya di indonesai saja ada sekitar 746 bahasa yang digunakan itu karena indonesai terdiri dari ribuan pulau yang didalamnya berisikan suku-suku dan setiap suku memiliki bahasa masing-masing yang berbeda satu dengan lainya untuk mereka dapat saling berkomunikasi itulah salah satu keunikan yang dimiliki Indonesia meskipun memiliki sejuta perbedaan tetapi tetap satu jua Indonesia, bahasa bukan hanya apa yang diucapkan dan individu mengerti informasi apa yang disampaikan tapi bahasa juga bisa disampaikan lewat bahasa alami yakni berdasarkan visual dari pada rangsangan pendengaran, sebagai contoh pada bahasa isyarat dan bahasa tulis. Kode dan bentuk lain dari sistem komunikasi artifisial seperti yang digunakan untuk pemrograman komputer juga dapat disebut bahasa. Bahasa dalam konteks ini adalah sebuah sistem isyarat untuk enkoding dan dekoding informasi. membuat manusia dapat belajar dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks


Bahasa sebagai sistem komunikasi dikatakan pada dasarnya berbeda dari dan lebih tinggi tingkat kerumitannya daripada spesies lain dimana ia berdasarkan pada sebuah sistem kompleks dari aturan yang berkaitan dengan simbol dan makna, sehingga menghasilkan sejumlah kemungkinan penyebutan yang tak terbatas dari sejumlah elemen yang terbatas. Perkembangan tersebut dikatakan bertepatan dengan meningkatnya volume pada otak, dan banyak ahli bahasa melihat struktur bahasa telah berkembang untuk melayani fungsi komunikatif tertentu. Bahasa diproses pada otak manusia dalam lokasi yang berbeda, tetapi secara khusus berada di area Broca dan area Wernicke. Manusia mengakuisisi bahasa lewat interaksi sosial pada masa balita, dan anak-anak sudah dapat berbicara secara fasih sekitar umur tiga tahun. Penggunaan bahasa telah berakar dalam kultur manusia dan, selain digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, ia juga memiliki fungsi sosial dan kultural, seperti untuk menandakan identitas suatu kelompok, stratifikasi sosial dan untuk dandanan sosial dan hiburan. Kata "bahasa" juga dapat digunakan untuk menjelaskan sekumpulan aturan yang membuat ia bisa ada, atau sekumpulan penyebutan yang dapat dihasilkan dari aturan tersebut.
Sumber : klick disini



Teori-teori yang berkembang dalam filsafat bahasa inilah yang kemudian menjadi alat bagi setiap orang untuk dapat lebih mengeksploitasi sebuah pemikiran, baik yang terucapkan maupun dalam bentuk teks. Bahasa ternyata tidak hanya mencakup bagaimana seseorang berkomunikasi dengan orang lain, tetapi juga dapat menjadi hal yang kompleks. Dalam kehidupan manusia, bahasa memegang peranan penting. Peranan penting bahasa antara lain sebagai alat komunikasi , alat pemersatu, dan penerus pengetahuan manusia. Manusia tidak dapat lepas dari bahasa. Terbukti dari penggunaannya untuk percakapan sehari-hari, tentu ada peran bahasa yang membuat satu sama lain dapat berkomunikasi, saling menyampaikan maksud. Tak hanya dalam bentuk lisan, tentu saja bahasa juga digunakan dalam bentuk tulisan.
Adanya bahasa memungkinkan manusia saling berkomunikasi  dan berhubungan. Komunikasi dengan bahasa memungkinkan manusia menjadi saling mengenal, memahami, dan menghargai satu sama lain. Dengan bahasa pula manusia dapat menjalin hubungan dan kerja sama satu dengan yang lain. Apabila dalam kehidupan sehari-hari tidak ada bahasa, manusia tidak mungkin bersatu dan maju. Seluruh kegiatan manusia akan sangat berkaitan erat dengan bahasa. Entah sekedar bercakap-cakap dengan teman, atau dalam kegiatan formal seperti sekolah, kuliah bahkan dalam pekerjaan.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tidak terlepas dari peranan bahasa. Dengan bahasa, manusia dapat menyampaikan ide-ide yang dimilikinya. Dengan bahasa pula, kemudian ide-ide tersebut diteruskan, dipelajari, dikembangkan oleh orang lain. Dengan kata lain, bahasa memungkinkan kita manusia dapat saling berbagi pengalaman dan belajar satu dengan yang lain. Dengan demikian, bahasa menjadi sarana yang sangat penting bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  (IPTEK).
 kutip : klick disini


Indonesai yang terdiri dari berbagai pulau-pulau dari yang berukuran kecil sampai dengan yang besar yang menyatu membentuk daratan yang terdiri dari berbagai macam suku didalamnya keanekaragaman suku itulah yang membuat Indonesia memiliki bahasa terbanyak didunia karena setiap suku memiliki bahasa mereka masing-masing untuk melakukan komunikasi dan biasanya itu bersifat tertutup hanya suku tersebut sajalah yang mengerti dan paham apa yang dimaksud individu lainya dalam satu suku itu, oleh karena itu Indonesia menerapkan bahasa Indonesia  menjadi bahasa resmi dan wajib bagi warga Negaranya yang bertujuan untuk mempersatukan setiap suku-suku tersebut dengan menggunakan bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional, sehingga memudahkan mereka dalam berbagai hal dan membuka peluang bagi setiap suku-suku untuk menjalin hubungan dengan suku lainya sesama warga Indonesia. Contoh saja dalam perkembangan ekonomi, pendidikan, informasi, komunikasi dan penyebaran keagamaan. Masih banyak lagi sebenarnya peranan bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa dengan sejuta perbedaan ini sesungguhnya menyatukan segala sesuatu yang berbeda itu sangat sulit namun semua itu tertepis oleh apa yang dilakuakan Indonesia terhadap bangsanya.

Kutip : klick disini


Bahasa indonesai memiliki peranan penting bagi bangsanya karena bahasa Indonesia dapat dijadikan sebagai alat penyampaian informasi, kenapa? karena dengan menggunakan bahasa yang satu atau global ini memudahkan dalam hal penyampain informasi dan informasi itupun akan tersampaikan dengan baik dan tepat sasaran kepada siapa yang ditujunya dan tidak terjadi kesalah pahaman bayangkan jika informasi itu harus diolah dengan menggunakan bahasa setiap suku di Indonesia tidak tutup kemungkinan akan terjadi misskomunikasi antara suku, ditambah lagi setiap suku memiliki karakter yang berbeda satu dengan lainya dan bisa saja memiliki cara penafsiran yang berbeda pula dan akan menyebabkan kekacawan yang menyangkut kesetabilan bernegara nantinya, itu yang ditakutkan jika tidak adanya bahasa pemersatu di Indonesia. Melihat keadaan yang ada di Indonesia ini berbeda dengan Negara-negara kepulawan lainya sangatlah penting peranan bahasa Indonesia. Dan hal serupa juga berlaku bagi Negara berkepulawan seperti Indonesia ini. Selain menjadi alat penyampain informasi bahasa Indonesia juga mengambil peranan penting sebagai alat komunikasi yang menghubungkan setiap warga Negara dari berbagai suku dan latar belakang yang nantinya akan saling bertukar informasi untuk memenuhi kebutuhan intelegensi mereka sekaligus sebagai wadah diskusi dan tukar pikiran. Komunikasi sangatlah penting agar terjali hubungan yang sejalan satu sama lain bagai mana komunikasi itu dapat berjalan dengan baik? Yakni dengan menggunakan bahasa yang dimengerti satu sama lain individu yang melakukan komunikasi tentunya, disanalah peranan bahasa Indonesia diuji komunikasi tidak akan berjalan dengan baik jika tidak saling mengerti tentang apa yang dibicarakan yang menjadi sebuah tujuan mereka. Ketidak pahaman tentang apa yang dibicarakan bisa saja nantinya akan menimbulkan kesalah pahaman yang memicu kedalam perpecahan didalam berkebangsaan terkadang manusia yang menggunakan bahasa yang sama tinggal ditempat yang sama yang awalnya memiliki pemikiran dan tujan yang sama bisa terjadi perpecahan apa lagi jika tidak adanya bahasa pemersatu sebagai wadah dasar untuk berkomunikasi.


Tidak hanya untuk sarana penyebaran informasi dan berkomunikasi saja bahasa Indonesia juga memiliki peranan penting dalam hal keagamaan, atas dasar perbedaanlah yang mendasarkan kenapa penyebaran agama atau keyakinan termasuk hal yang membutuhkan bahasa Indonesia sebagai alatnya, karean tidak mungkin jika setiap ingin melakukan penyebaran keyakinan kesuatu suku harus mempelajari bahasa mereka itu akan membutuhkan waktu yang begitu lama dan tidak efisien dimana setiap informasi yang terkandung dalam penyebaran sebuah keyakinan adalah suatu kebenaran oleh karena itu kebenaran itu harus tersampaikan dengan baik dan benar itualh kenapa bahasa Indonesia memiliki peranan yang penting.contoh saja dalam proses penyebaran agama islam Alasan yang menyebabkan penduduk nusantara banyak yang beragama Islam antara lain
Pernikahan antara para pedagang dengan bangsawan. Contoh: Raja Brawijaya menikah dengan Putri Jeumpa yang menurunkan Raden Patah. Kemudian dari Pendidikan pesantren, Pedagang Islam yang datang untuk melakukan kerjasama dalam bidang perekonomian dan mereka pun membawa keyakinan mereka untuk disebarluaskan di Indonesia, Seni dan kebudayaan. Contoh: Wayang, disebar oleh Sunan Kalijaga dengan Dakwahnya ada beberapa Faktor-faktor penyebab Agama Islam dapat cepat berkembang di Nusantara antara lain:Syarat masuk agama Islam tidak berat, yaitu dengan mengucapkan kalimat syahadat.Upacara-upacara dalam Islam sangat sederhana.dimana Islam tidak mengenal sistem kasta, Islam tidak menentang adat dan tradisi setempat, Dalam penyebarannya dilakukan dengan jalan damai.Runtuhnya kerajaan Majapahit memperlancar penyebaran agama Islam.semua itu apakah mungkin akan berjalan dengan baik jika mereka tidak menggunakan bahasa yang dimengerti oleh sesamanya apakah mungkin semua hal itu tersampaikan dengan baik.sesungguhnya segala sesuatu informasi tentang keagamaan adalah kebaikan jadi kebaikan itu harus tersampaikan dengan jelas disanalah peranan bahasa Indonesia mengambil posisi penting sebagai bahasa untuk menyampaikan apa yang agama bawa.
Kutip : klick disini

Peranan bahasa Indonesia dalam membangun perekonomian, kenapa hal itu bisa dikataka sebagai alat untuk membangun dunia perekonomian karena dalam berjalannya sebuah transaksi pasti ada terjadinya komunikasi yang menggunakan bahas yang dimengerti satu sama lain bahasa Indonesia memiliki peranan besar dalam kegiatan ini contoh saja hal yang terjadi dalam proses jual beli. Dalam proses jual beli ini  penggunaan bahasa Indonesia yang menjadi bahasa nasional akan mempermudah proses transaksi bayangkan saja jika seseorang akan melakukan perjalanan wisatanya ke tempat yang didalamnya tentu saja ditempati oleh suku yang berbeda dengan bahasa yang berbeda pula dan ia harus menguasai bahasa itu setidaknya dalam hal proses jual beli apakah itu tidak menyulitkan nantinya. Jika bahasa Indonesia telah mengambil peranan disana semua akan terasa lebih mudah tentunya, memakai bahasa daerah dalam proses perdagangan, proses perdagangan tidak akan menyebar luas karena keterbatasan orang orang dalam mengerti bahasa daerah lain. Sehingga proses perdagangan hanya dapat di lakukan di daerah tersebut saja. Maka bahasa Indonesia mempunyai pengaruh besar dalam meningkatkan perekonomian setiap daerah.

Tidak hanya dalam kehidupan yang dialami namun dalam keadaan yang dilakuan juga bahasa Indonesia memiliki peranan dasar dimana saat penulisan ilmiah, bahasa merupakan hal yang terpenting. Untuk itu kita harus sebaik mungkin menggunakannya. Antara lain :
 • Dalam hal penggunaan ejaan. Ejaan ialah penggambaran bunyi bahasa dalam kaidah tulismenulis yang distandarisasikan; yang meliputi pemakaian huruf, penulisan huruf, penulisan kata, penulisan unsur serapan, dan pemakaian tanda baca.
 • Dalam hal penulisan kata. Baik kata dasar, kata turunan, bentuk ulang, kata ganti, kata depan, kata sandang, maupun gabungan kata.
 • Dalam penggunaan partikel lah, kah, tah, pun. Partikel lah, kah, tah ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya. Contoh: Pergilah sekarang! Sedangkan partikel pun ditulis terpisah dari kata yang mendahuluinya. Contoh: Jika engkau pergi, aku pun akan pergi. Kata-kata yang sudah dianggap padu ditulis serangkai, seperti andaipun, ataupun, bagaimanapun, kalaupun, walaupun, meskipun, sekalipun.
 • Dalam hal pemakaian Ragam Bahasa. Berdasarkan pemakaiannya, bahasa memiliki bermacam-macam ragam sesuai dengan fungsi, kedudukan, serta lingkungannya. Ragam bahasa pada pokoknya terdiri atas ragam lisan dan ragam tulis. Ragam lisan terdiri atas ragam lisan baku dan ragam lisan takbaku; ragam tulis terdiri atas ragam tulis baku dan ragam tulis takbaku.
 • Dalam penulisan Singkatan dan Akronim.Singkatan nama orang, nama gelar, sapaan jabatan atau pangkat diikuti tanda titik. Contoh: Muh. Yamin, S.H. (Sarjana Hukum ). Singkatan yang terdiri atas tiga huruf atau lebih diikuti satu tanda titik. Contoh: dll. hlm. sda. Yth. Singkatan nama resmi lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, badan atau organisasi, serta dokumen resmi yang terdiri atas huruf awal setiap kata ditulis dengan huruf kapital dan tidak diikuti tanda titik. Contoh: DPR GBHN KTP PT. Akronim nama diri yang berupa gabungan huruf awal dari deret kata ditulis seluruhnya dengan huruf kapital. Contoh: ABRI LAN IKIP SIM. Akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal huruf kapital. Contoh: Akabri Bappenas Iwapi Kowani.
 • Dalam penulisan Angka dan Lambang Bilangan. Penulisan kata bilangan tingkat dapat dilakukan dengan cara berikut. Contoh: Abad XX dikenal sebagai abad teknologi. Lambang bilangan yang dapat dinyatakan dengan satu atau dua
 kata ditulis dengan huruf, kecuali jika beberapa lambang dipakai berturut-turut. Contoh: Ada sekitar lima puluh calon mahasiswa yang tidak diterima diperguruan tinggi itu.
 • Dalam pemakaian tanda baca. Pemakaian tanda titik (.), tanda koma (,), tanda titik dua (:), tanda titik koma (,), tanda hubung, (-) tanda pisah (_), tanda petik ("), tanda garis miring, (/) dan tanda penyingkat atau aprostop ('). kutip dari

Ini salah satu peranan bahasa Indonesia secara tidak langsung namun memiliki peranan penting yang tak kalah dengan apa yang dialami sehari-hari secara kasat mata apakah mungkin bahasa Indonesia yang kita abaca dibuku novel akan sama dengan saat ikta sedang membaca sebauh karya ilmiah dan apakah sama bahasa Indonesia yang tercantum di dalam sebuah komik dengan bahasa yang ada didalam majalah komersial karean itu semua menyangkut informasi dan daya imajinasi yang akan disampaikan seorang penulis kepada sipembacanya agar sipembaca mengeti pesan apa yang ingin disampaikan oleh sang penulis.