Selasa, 27 November 2012

Membuat Program Segitiga Dengan Inputan Nama



Membuat program segitiga pada cobol begitu berfariasi dengan berbagai macam bentuk dan model yang dapat diterapkan hanya bagaimana logika kamu dalam membuatnya, disini saya ingin memberakn sedikit ilmu tentang bagaimana cara membuat program segitiga dengan inputan nama, baiklah langsung saja kita mulai.
  • ·        Pertama buka program cobol anda, dan pastkan program sudah terinstall pada pc atau notebok anda, kemudian ketikan program dibawah ini pada lembar kerja
IDENTIFICATION DIVISION.
PROGRAM-ID. SUGIARTHA.
ENVIRONMENT DIVISION.
DATA DIVISION.
WORKING-STORAGE SECTION.
77 P PIC 9.
77 Q PIC 9.
77 R PIC 9.
01 KUCING.
02 KATAF PIC X(05).
01 KATAK.
02 KATA OCCURS 5 TIMES PIC X(01).
SCREEN SECTION.
01 HAPUS.
02 BLANK SCREEN.
PROCEDURE DIVISION.
UTAMA.
PERFORM MASUK.
DISPLAY HAPUS.
DISPLAY KATAF.
PERFORM KELUAR VARYING P
FROM 1 BY 1 UNTIL P > 4.
ACCEPT P.
STOP RUN.
MASUK.
DISPLAY(, ) 'MASUKKAN KATA YANG INGIN DI BENTUK : '.
ACCEPT KATAF.
MOVE KATAF TO KATAK.
KELUAR.
PERFORM TAMPIL VARYING Q
FROM 1 BY 1 UNTIL Q > 4.
DISPLAY SPACE.
TAMPIL.
COMPUTE R = P + Q .
DISPLAY(, ) KATA(R) .

  •       pastikan kamu mengetik dengan benar setiap program, kemudian compile program untuk mengetahui letak kesalahan pada program kamu dengan cara buka comand promd kemudian ketikan dimana tempat program cobol kamu berada. Ketikan cd.. jika kamu ingin menghapus direktori dan ketik cd direktori yang ditju untuk membuat direktori baru. Disini saya menaru program cobol saya di C:\ idecobol.


  • ·         Kemudian ketik cobol namafile.cob kemudian enter nanti akna muncul jumlah eroor dan keterangannya jika program kamu masih belum sempurna periksa kembali program kamu dan ulangi lagi langkah 2 sampai program kamu sempurna dan tidak ada eror lagi.
  • ·         Jika progra sudah tidak ada eror lagi jalankan program untuk mengetahui hasil output nya dengan mengetik runcob namafile.cob pada comand promd, maka hasilnya seperti ini



  • Walaaa...... selesai deh, cukup seklian tutorial dari saya semoga bermanfaat buat kamu dan proses belajar kamu terus semangat melakukan percobaan dalam mencari logika pemprograman agar menemukan sesuatu yang baru... Sampai jumpa ditread selanjutnya.