Senin, 05 November 2012

WEB SIG SEBARAN SMA DI KOTA BOGOR DENGAN ARCVIEW DAN MAPSERVER


WEB SIG SEBARAN SMA DI KOTA BOGOR
DENGAN ARCVIEW DAN MAPSERVER


BAB1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Disini penulis ingin memberikan informasi kepada pembaca tentang gagasan atau ide yang ia ingin terapkan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada lingkungan masyarakat, dan memberikan solusi tentang permasalahan tersebut dimana masalah yang diangkat adalah tentang pencarian lokasi Sekolah Menengah Atas di Kota Bogor yang begitu merepotkan orang tua murid dalam hal menentukan sekolah mana yang ingin dituju dan lokasinya di kota Bogor , oleh karena itu penulis membuat solusi yaitu membuat sistem yang  bertujuan untuk memberikan informasi dalam bentuk Sistem Informasi Geografis berbasis web (WEBSIG) yang mengambarkan sebaran Sekolah Menengah Atas di Kota Bogor dilengkapi dengan lokasi sekolah dan profil sekolah. Tujuan penelitian ini adalah terwujudnya WEBSIG sebagai pusat informasi sebaran SMA di kota Bogor. WEBSIG ini diharapkan dapat digunakan sebagai media penyebaran informasi ke masyarakat melalui internet, selain itu diharapkan dapat membantu serta memudahkan masyarakat mengetahui informasi penyebaran SMA dan Sederajatnya di kota Bogor, terutama instansi terkait dapat menentukan lokasi pembangunan sekolah baru agar sekolah SMA di kota bogor dapat menyebar dan tidak terpusat pada suatu wilayah saja.


1.2  Perumusan Masalah
  1. Bagaimana membangun sebuah  sistem yang dapat menyelesaikan permasalahan dalam hal mencari informasi tentang  lokasi sekolah dan profil Sekolah-sekolah Menengah Atas di Kota Bogor khususnya?

1.3  Tujuan
Penelitian ini dibuat untuk memberikan informasi dalam bentuk Sistem Informasi Geografis berbasis web, yang selanjutnya disebut WEBSIG, yang mengambarkan sebaran Sekolah Menengah Atas di Kota Bogor dilengkapi dengan lokasi sekolah dan profil sekolah. Tujuan penelitian ini adalah terwujudnya WEBSIG sebagai pusat informasi sebaran SMA di kota Bogor. WEBSIG ini diharapkan dapat digunakan sebagai media penyebaran informasi ke masyarakat melalui internet, selain itu diharapkan dapat membantu serta memudahkan masyarakat mengetahui informasi penyebaran SMA dan Sederajatnya di kota Bogor, terutama instansi terkait dapat menentukan lokasi pembangunan sekolah baru.


BAB 2
2.1 Inti Pembahasan
Membangun sebuah sistem harus memerlukan data dan informasi yang tepat agar menghasilkan sebuah sistem yang baik, berguna dan efisien bagi pemakainya oleh karena itu dalam pembangunan sebuah sistem diperlukan Tahap-tahap yang teratur dalam membangunnya dalam kasus ini tahap-tahapnya adalah pembuatan WEBSIG sebaran SMA di Kota Bogor adalah Tahap Perencanaan, Tahap Analisis, Tahap Perancanaan dan Tahap Implementasi. Pada tahap perencanaan, dilakukan identifikasi masalah dan kebutuhan dari calon pengguna dengan melakukan wawancara. Hasil dari kegiatan ini adalah mengetahui kebutuhan data dan informasi sesuai dengan sistem yang akan di kembangkan. Mempelajari literatur-literatur yang berhubungan dengan materi penelitian juga dilakukan pada tahap ini. Tahap kedua adalah analisis yang mendefinisikan kebutuhan informasi, dimana informasi yang didapat dianalisis sehingga di perolah gambaran data-data yang harus dikumpulkan. Proses berikutnya adalah mengumpulkan data-data yang sesuai dengan hasil analisis. Tahap perancangan terbagi menjadi dua kegiatan yaitu tahap perancangan aplikasi dan tahap peracangan database. Pada perancangan aplikasi dilakukan pembuatan struktur navigasi dan perancangan tampilan, sedangkan pada perancangan database dibuat dengan membuat entity relation diagram. Tahap implementasi dilakukan dengan menterjemahkan hasil rancangan yang telah dibuat kedalam bahasa pemrograman. Bagian akhir dari tahap ini dilakukan ujicoba pada calon pengguna.

2.3 Kesimpulan
WebSIG sebaran SMA di kota Bogor Berbasis Web telah berhasil dibuat dan WebSIG ini
menyajikan peta digital yang di dalamnya terdapat informasi mengenai titik-titik lokasi sma-sma yang berada di kota Bogor beserta dengan informasi Sma tersebut. Proses pembuatan Sistem Informasi Geografis ini diawali dengan mendijitalisasikan titik-titik lokasi Sma negeri dan swasta pada peta menggunakan perangkat lunak Arcview 3.3 yang selanjutnya memasukan database pada MySql dan pada tahapan terakhir yaitu untuk menampilkan peta
penyebaran Sma negeri dan swasta web menggunakan Chameleon pada Mapserver.
WebSIG ini diharapkan dapat membantu instansi pemerintah dalam menentukan lokasi pembangunan sekolah baru. Bagi masyarakat diharapkan dapat memudahkan mencari informasi sekolah yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal.

DAFTAR PUSTAKA
Charter, Denny & Agtrisari, Irma, 2003. Desain dan Apilkasi GIS (Geographical Information System). PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.








Artikel disusun oleh

Kartika Sari, M. Ramadani Silatana

Judul  :

 WEB SIG SEBARAN SMA DI KOTA BOGOR DENGAN ARCVIEW DAN MAPSERVER

Tanggal :

Konferensi Nasional Sistem Informasi 2012, STMIK - STIKOM Bali 23-25 Pebruari 2012